Wednesday, March 22, 2017

Rail train Waves (Rel Gelombang ) and Rail Transport


#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Transportasi Rel dalam iringan
animasi Taransportasi Rel Gelombang)
_______________________________________________________












__________________

Kata Pengantar
__________________

Para kawan sekalian...!

Postingan ini adalah pendalaman dari beberapa link di blog
ini yang berhubungan dengan Kereta Api :

http://angkolafacebook.blogspot.co.id/2017/03/railgrinder-train-for-grinding-rails.html
http://angkolafacebook.blogspot.co.id/2016/11/wisata-kereta-api-ambarawa-bersama.html
http://angkolafacebook.blogspot.co.id/2016/08/kereta-api-tercepat-di-jepang-itu-ada.html
http://angkolafacebook.blogspot.co.id/2017/03/passenger-trains-penumpang-kereta-api.html
...dan...

Berikut info sekitar Transportasi Rel dalam iringan
animasi Taransportasi Rel Gelombang).

Sedangkan Rel Gerigi dapat anda ketahui lewat link :

http://angkolafacebook.blogspot.co.id/2016/11/kereta-api-rel-gigi-dan-jalurnya-di.html

Selamat menyimak...!

Oya...!

Rel gelombang yang penulis maksud adalah :

1. Rel kereta api yang memang secara sengaja Relnnya di
   buat bergelombang dan ditempatkan pada jalan yang
   rata

2. Rel biasa (Lurus) tapi ditempatkan pada tanah yang
   tidak rata / tanah yang bergelombang.

Selamat menyimak kembali...!
_________________________________________________

Sekilas nfo tentang Transportasi Rel Wiki Terjemahan
_________________________________________________

* Pemahaman Awal

Istilah transportasi rel merujuk kepada semua kendaraan gerak
yang berjalan di atas rel, baik di bawah tanah maupun permukaan,
serta lintas layang (elevated). Di Indonesia, transportasi rel
hanya berada di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.


* Kereta Api

Kereta api adalah serangkaian kendaraan rel yang berjalan
sepanjang lintasan. Kereta biasanya terpisah dari lokomotif
atau menjadi satu dengan motor penggerak dalam self-propelled
beberapa unit.

Kereta api biasanya membawa beban yang terisi dan kosong, atau
tidak sedang melayani seperti untuk perjalalan ke tempat
pemeliharaan. Masinis mengontrol lokomotif atau Kereta Rel
Listrik lainnya, namun saat ini kereta transit cepat perkotaan
sudah banyak yang tidak menggunakan masinis dan berjalan
secara otomatis .

* Tenaga Penarik










Lokomotif uap adalah lokomotif dengan mesin uap yang menyediakan
adhesi. Batubara, minyak bumi, atau kayu dibakar dalam tungku
pemanas.

Panas air mendidih dalam boiler tabung api untuk membuat uap
bertekanan. Uap bergerak melalui smokebox sebelum berangkat
melalui cerobong asap.

Dalam prosesnya, itu pengaturan piston yang mentransmisikan
daya secara langsung melalui batang penghubung (engsel) dan
crankpin pada roda penggerak (pendorong utama) atau ke engkol
pada poros mengemudi.

Lokomotif uap telah jarang digunakan di sebagian besar dunia
untuk alasan ekonomis dan keamanan meskipun banyak yang
dimuseumkan untuk warisan sejarah.

Lokomotif listrik mendapatkan listrik dari sumber gardu listrik
melalui kawat overhead (listrik aliran atas) atau rel ketiga
(listrik aliran bawah).








Beberapa diantaranya juga atau tidak menggunakan baterai.
Sebuah transformator di lokomotif mengubah tegangan listrik, dari
arus tinggi ke rendah rendah, arus tegangan ini digunakan dalam
motor listrik untuk menggerakkan roda.

Lokomotif modern biasanya menggunakan tiga fase motor induksi AC.
Lokomotif listrik memiliki traksi (daya tarik) yang lebih kuat.
Selain itu lokomotif listrik juga mengurangi pengeluaran bahan
bakar, memberikan lebih sedikit nuansa dan tidak ada polusi udara.

Namun, mereka membutuhkan investasi modal yang tinggi baik untuk
listrik dan infrastruktur pendukung. Dengan demikian, angkutan
rel yang menggunakan listrik banyak digunakan pada sistem
perkotaan, dengan lalu lintas yang padat dan untuk kereta api
kecepatan tinggi.

Lokomotif diesel menggunakan mesin diesel sebagai penggerak utama.
Transmisi energi dapat berupa diesel-listrik(diesel-elektrik),
diesel mekanik atau diesel hidrolik, tetapi diesel-listrik
adalah dominan. Salah satu contohnya adalah lokomotif CC 203
di Indonesia.

Tenaga alternatif lainnya bisa menggunakan levitasi magnetik,
kuda, kabel, gravitasi, pneumatik dan turbin gas.

* Kereta Penumpang








Kereta penumpang akan mengantarkan penumpang pergi dari suatu
tempat ke tempat lainnya. Pengawasan kereta adalah tugas dari
seorang manajer penjaga / kereta. Penumpang kereta api adalah
bagian dari transportasi umum dan sering membentuk jaringan
layanan, dengan bus untuk ke stasiun terdekat. Kereta penumpang
dapat melibatkan berbagai keperluan termasuk antarkota dengan
jarak perjalanan panjang, perjalanan komuter harian, atau
layanan transit lokal perkotaan.

Kereta api bahkan menyediakan beragam kendaraan, kecepatan operasi,
pelayanan, dan frekuensi layanan. Kereta penumpang biasanya dapat
dibagi menjadi dua operasi: kereta api antar kota dan kereta api
lokal. Untuk kereta api antar kota memerlikan kecepatan yang lebih
tinggi, rute lama, dan frekuensi yang lebih rendah (biasanya
terjadwal), kereta api lokal melibatkan kecepatan yang relatif
rendah, rute pendek, dan frekuensi yang lebih tinggi (terutama
saat jam sibuk).








Kereta antar kota adalah kereta api jarak jauh yang beroperasi
dengan beberapa stasiun antar kota. Kereta biasanya memiliki
fasilitas seperti gerbong makan. Beberapa operator(perusahaan)
juga menyediakan layanan perjalanan semalam dengan kereta tidur.

Beberapa kereta api jarak jauh diberi nama khusus. Kereta regional
adalah kereta api jarak menengah yang menghubungkan kota dengan
daerah terpencil, daerah sekitarnya, atau memberikan layanan regional,
sehingga sering berhenti dan memiliki kecepatan yang relatif rendah.

Kereta komuter melayani pinggiran perkotaan, menyediakan layanan
komuter sehari-hari. Jaringan kereta bandara menyediakan akses
cepat dari pusat kota ke bandara.

Kereta kecepatan tinggi khusus antar kota yang beroperasi pada
kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada kereta api konvensional,
dengan batas kecepatan antara 200-320 km/jam. Kereta api
berkecepatan tinggi digunakan terutama untuk jarak jauh dan sistem
layanan sebagian besar berada di Eropa Barat dan Asia Timur.

Rekor kecepatan 574,8 km/jam (357,2 mph) ditetapkan oleh kereta
Train à Grande Vitesse di Perancis. Kereta api levitasi magnetik
seperti penggunaan kereta bandara Shanghai bawah tunggang magnet
yang mengangkat kereta ke atas ke arah bawah sebuah guideway dan
baris ini telah mencapai kecepatan puncak yang agak lebih tinggi
pada hari-hari operasi dari konvensional kereta api
berkecepatan tinggi.









Meskipun hanya jarak pendek, karena kecepatan tingginya, rute
untuk kereta api kecepatan tinggi cenderung lebih curam dan kurva
nilai yang lebih luas dibandingkan dengan kereta api konvensional.

Dimisalkan tinggi energi kinetik yang lebih tinggi tenaga kuda-ke-
rasio ton (20 hp/ton), ini memungkinkan kereta api untuk mempercepat
lajunya, memacu ke kecepatan yang lebih tinggi dan menanjak
cepat pada tanjakan curam sebagai momentum membangun dan stabil
dalam penurunan peringkat (mengurangi memotong, isi, dan persyaratan
membangun terowongan ). Karena gaya lateral bertindak atas kurva,
lekukan dirancang dengan jari-jari setinggi mungkin.

Semua fitur ini secara dramatis berbeda dari jasa pengangkutan,
sehingga membenarkan eksklusif kecepatan tinggi jalur kereta api
jika layak secara ekonomis.








Rapid transit atau Angkutan cepat adalah sistem antar kota yang
dibangun di kota besar dan memiliki kapasitas lebih banyak dari
setiap sistem transportasi penumpang lainnya. Hal ini memberi nilai
lebih dan biasanya dibangun di bawah tanah atau jalan layang.

Pada tingkat jalanan, trem lebih kecil dapat digunakan. Rel ringan
yang ditingkatkan pada trem memiliki langkah-bebas akses, mengikuti
arah jalan dan terkadang berada di bawah tanah. Sistem monorel
beroperasi di jalan layang, sistem kapasitas menengah. Monorel
digerakkan oleh masinis dan ada juga yang otomatis.

Monorel biasanya hanya yang melayani hanya beberapa stasiun,
seperti antar-jemput. Karena berbagai sistem Angkutan cepat tanpa
keseragaman banyak, keselarasan rute bervariasi dengan beragam
cara (tanah pribadi, pinggir jalan, median jalan) dan karakteristik
geometris (kurva tajam atau luas, tanjakan curam atau rendah).

Misalnya, operator Kuala Lumpur Monorail memiliki kereta api
monorail yang dirancang dengan kereta yang rangkaiannya pendek
untuk bisa berjalan pada kurva tajam. Operator PATH NJ memiliki
kereta berukuran sama untuk mengakomodasi kurva di terowongan
trans-Hudson. San Fransisco BART mengoperasikan kereta yang
panjang untik angkutan perkotaan.

* Kereta Barang









Sebuah Kereta api barang mengangkut kargo menggunakan gerbong
barang khusus untuk jenis barang tertentu. Kereta api barang sangat
efisien dengan skala ekonomi dan efisiensi energi yang tinggi.

Namun, penggunaannya dapat dikurangi dengan kurangnya fleksibilitas,
jika ada kebutuhan pengalihan muatan di kedua ujung perjalanan
karena kurangnya jalur ke titik penjemputan dan pengiriman.
Pihak berwenang sering mendorong penggunaan transportasi kargo
kereta api karena profil lingkungannya.

Kereta api kontainer(antaboga) telah menjadi jenis yang dominan
di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia untuk pengangkutan digunakan
dalam gerbong (gerobak beban), dimana kargo itu harus dimuat dan
dibongkar ke dalam kereta api secara manual.

Para pengepakan intermodal kargo telah merevolusi industri rantai
pasokan logistik, mengurangi biaya kapal secara signifikan. Di
Eropa, gerobak dinding geser sudah sebagian besar menggantikan
gerbong tertutup biasa. Jenis lain dari kereta termasuk kereta es
(pendingin), kereta untuk ternak dan kereta autoracks untuk
kendaraan jalan.

Ketika kereta api dikombinasikan dengan transportasi jalan,
roadrailer akan memungkinkan trailer untuk didorong ke kereta,
memungkinkan untuk transisi mudah antara jalan dan rel.

Pengangkutan yang dapat mnampung banyak merupakan keuntungan
kunci untuk transportasi kereta api. Biaya pengeluaran rendah
atau bahkan nol dikombinasikan dengan efisiensi energi dan biaya
persediaan yang rendah memungkinkan kereta api untuk menangani
angkutan massal jauh lebih murah daripada melalui jalan darat
biasa, Kargo curah umum yang biasanya dibawa meliputi batubara,
bijih, biji-bijian dan cairan.

* Infrastruktur









Rel kereta api diletakkan di atas tanah yang dimiliki atau disewa
oleh perusahaan kereta api. Untuk pembangunan yang sederhana, rel
kereta api yang melalui berbukit atau pegunungan biasanya dibuat
dengan jalur melingkar dan memutar.

Ini dikarenakan panjang rute, pembebasan lahan, pembangunan
jembatan, terowongan dan infrastruktur lainnya dapat meningkatkan
biaya pembangunan jalan, sementara secara signifikan mengurangi
biaya operasional dan memungkinkan lebih tinggi kecepatan pada
lagi radius kurva. Di daerah padat, kereta api kadang-kadang
diletakkan di terowongan untuk meminimalkan dampak pada
properti yang ada.

* Jalur

Jalur ini terdiri dari dua rel baja paralel(sepasang), yang diikat
dengan sebuah penambat, yang diletakkan pada sebuah bantalan rel
yang berupa kayu, beton, baja, atau plastik untuk menjaga Lebar
jalur kereta api agar tetap konsisten. Lebar jalur kereta api
biasanya dikategorikan dengan ukuran standar (1,435 mm (1/2 4 ft
8 in)) digunakan sekitar 60% dari jalur kereta api dunia, gauge
lebar dan Cape gauge. Selain itu, lebar jalur disesuaikan dengan
jenis komoditi yang diangkut, lebar maksimum untuk kereta api dan
beban untuk memastikan perjalanan aman ketika melalui jembatan,
terowongan dan struktur lainnya.

Jenis rel dan lingkar roda akan menjaga kereta agar tetap berada
di jalur secara otomatis dan oleh karena itu memungkinkan kereta
menjadi berjalan lebih lama daripada kendaraan jalan aspal.

Rel dan bantalan biasanya ditempatkan pada sebuah batu ballas yang
akan mengurangi dentuman dan kebisingan pada saat kendaraan melintas
diatasnya.

Batu balast juga berfungsi sebagai sarana untuk drainase. Beberapa
jalur yang lebih modern dalam teknologi khusus terikat oleh fiksasi
langsung tanpa Batu balast. Jalur dapat prefabrikasi atau dirakit
di tempat. Dengan mengelas rel, maka akan membentuk panjang rel
yang menyatu, sehingga ruas kosong yang ada pada sambungan antar
rel dapat dinetralkan, ini juga membuat untuk kereta berjalan
lebih tenang.

Pada kurva rel luar mungkin pada tingkat yang lebih tinggi
daripada rel biasanya. Ini disebut superelevation atau cant.

Ini dapat mengurangi kegiatan mengganti rel dan membuat perjalanan
lebih nyaman ketika penumpang berjalan, berdiri dan duduk pada kereta.
Jumlah superelevation akan menjadi yang paling efektif ketika
kecepatan terbatas.

* Sinyal

Tuas pengerak sinyal mekanis yang ditempatkan di stasiun kereta api

Semboyan 7: Sinyal mekanis

Sinyal kereta api adalah sebuah sistem yang digunakan untuk
mengontrol lalu lintas kereta api supaya aman untuk mencegah
kereta bertabrakan.

Dipandu oleh rel tetap dengan gesekan rendah, kereta api biasanya
sering terjadi kecelakaan yang disebabkan dengan berhenti mendadak
dikarenakn melihat suatu halangan yang baru terlihat di depan dan
berberoperasi pada kecepatan yang berlebihan.

Sebagian besar bentuk kontrol kereta melibatkan gerakan otoritas
yang diwariskan dari orang-orang yang memiliki tanggung jawab
untuk setiap bagian dari jaringan rel untuk kru kereta. Tidak
semuanya memerlukan penggunaan sinyal, dan beberapa sistem
khusus digunakan untuk Jalur tunggal.

Proses sinyal secara tradisional biasanya di pusatkan pada sebuah
bangunan kecil yang dilengkapi bingkai tuas yang diperlukan untuk
mengoperasikan wesel dan Sinyal kereta api.

Sinyal ditempatkan pada berbagai tempat sepanjang jalur, untuk
mengendalikan bagian-bagian tertentu dari jalur yang ada.
Perkembangan teknologi baru-baru ini telah membuat perkembangan
baru, dengan pemusatan sistem operasional sinyal yang berda pada
satu atap.

Sinyal dapat dikendalikan dengan penggunaan komputer, memungkinkan
jangkauan yang lebih luas dari jalur yang dipantau dari satu lokasi.
Metode umum blok sinyal membagi jalur menjadi beberapa zona yang
ditempatkan beberapa sinyal diantaranya, sinyal blok kombinasi,
sinyal masuk stasiun, dan sinyal keluar stasiun.


* Pembangunan rel

Pada dasarnya pembangunan rel adalah proses pembukaan ruangan lalu
lintas yang mengatasi berbagai rintangan geografi. Proses ini
melibatkan penataan muka bumi, pembangunan jembatan dan terowongan,
bahkan juga pengalihan tumbuh-tumbuhan. (Ini mungkin melibatkan
penebasan hutan). Berbagai jenis mesin pembangun jalan akan
digunakan untuk proses ini.

* Perawatan Rel

Perawatan rel perlu dilakukan secara rutin. Salah satu pekerjaan
yang dilakukan dalam perawatan rel adalah mengganti rel yang sudah.
Hal ini dapat dilakukan secara manual atau menggunakan mesin yang
dapat melakukannya secara otomatis, seperti mesin RU 800 S yang
diproduksi oleh Plasser & Theurer, sebuah perusahaan industri
rel kereta api dari Austria.

* Perekonomian rel

Rel dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di suatu tempat karena
menolong orang untuk pergi atau mengirim barang lebih cepat ke
suatu tujuan. Dengan adanya rel, komoditi dapat mengalir ke
pasar setempat dan hasil ekonomi dari suatu tempat dapat dijual
kepada pasaran di luar wilayah itu.

Selain itu, jalan raya juga mengembangkan ekonomi lalu lintas di
sepanjang lintasannya. Contohnya, di pertengahan lintasan rel
utama yang menghubungkan kota-kota besar, penduduk setempat
dapat menjual makanan kepada masinis yang kerap lewat di situ.

__________

Penutup
__________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!








____________________________________________________________
Cat :
The worst rail journey in the world TOP 10  -=HD= -
The Raising Trains ! Incredible GRADIENTS - Indian Railways


No comments:

Post a Comment